Journal History

Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan adalah jurnal ilmiah untuk bidang Ilmu Hukum yang diterbitkan oleh Magister Ilmu Hukum Universitas Mataram. Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan  merupakan media untuk mempertemukan hasil-hasil pemikiran dan penelitian oleh para akademisi dan praktisi dalam bidang kajian hukum terpilih meliputi Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Internasional, Hukum Konstitusi, Hukum Administrasi, Hukum Islam, Hukum Ekonomi, Hukum Medis, Hukum Adat, Hukum Lingkungan dan isu-isu kontemporer terkait hukum lainnya. Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan diterbitkan tiga kali setahun (April, Agustus dan Desember), naskah yang sudah diterima dan siap dipublikasikan akan dipublikasikan secara online (OJS) dan versi cetak secara bertahap.

Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan  diterbitkan sejak Tahun 2013 oleh Magister Ilmu Hukum dan Forum Komunikasi Mahasiswa Magister Ilmu Hukum yang saat itu berdomisili di Jln. Majapahit No.60 Mataram dengan nama Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan didaftarkan dengan Nomer ISSN 2303-3827 pada Tgl 9 Januari 2013 untuk versi cetak.

Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan secara continue melakukan pembenahan baik dari segi substansi maupun manajemen pengelolaan jurnal, diantaranya:

1)      Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan  memulai pengelolaan manajemen jurnal menggunakan Online Journal System pada awal Tahun 2015 untuk memenuhi perkembangan pengelolaan jurnal secara daring penuh dan persiapan pengajuan akreditasi secara nasional melalui ARJUNA.

 2)      Sejak Tahun 2013 hingga 2016 Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan mengguanakan terbitan tematik dengan desain sampul berbeda-beda setiap terbitnya, namun dianggap sedikit terkendala dengan judul artikel-artikel yang ada maka pada terbitan April 2017 disepakati utntuk tidak menggunakan tematik dengan satu sampul yang disepakati.

 3)      Pada beberapa edisi sebelumnya (back issue), ada kesalahan pencantuman volume dan nomor halaman untuk versi cetak. Pada jurnal yang telah tercetak tercantum Volume dan nomor halamannya dicantumkan secara berkelanjutan, yang seharusnya volume  dan nomor halaman tersebut setiap terbitan harus diulang dengan angka volume yang terus bertambah seperti pada Volume 5 No. 1 – 3 2017 dst.

4)      Pada Tahun 2017, Website Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan  Versi OJS telah mengalami beberapa perubahan dan pengembangan diantaranya :

  • Penambahan Website Statistik  (visitor statistic)
  • Perubahan pada Editorial Board
  • Aim dan Scope
  • Publication Ethics
  • Author Guidelines
  • Online Reviewer Guidelines
  • Template
  • Online Submission Guidelines
  • Perubahan model reference menggunakan Chicago-APA style.

5)      Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan  telah Terdaftar E-ISSN sejak 28 Desember 2015  dengan Nomor ISSN 2477-815X MELALUI SK no. 0005.2477815X/JI.3.1/SK.ISSN/2015.12

6)      Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan  pada Bulan Desember 2016 menjadi member dari CROSSREFF, sehingga setiap artikel akan memiliki unique DOI number dengan DOI prefix 10.29303 Pada Desember 2016, Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan telah terindeks di GarudaIPI, ISJD, GOOGLE SCHOLAR, SINTA, Index Copercicus, Directory of Reaserch Journal Indexing (DRJI).

7)      Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan telah terdaftar sebagai anggota Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum Indonesia (APJHI) yang dibina oleh Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H. (HALREV-UNHAS) dengan Ketua Sdr. Arie Afriansyah,PhD (ILREV-UI).

8)      Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan sebagai media publikasi cetak dan online dalam mengembangkan Ilmu Hukum di Indonesia telah mendaftar pada ARJUNA dan sudah melakukan evaluasi diri dengan Score SINTA di S3. Untuk itu Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan akan melakukan pengajuan Akreditasi Nasional melalui ARJUNA pada Bulan Agustus 2018.

  

Dewan Editor,

Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan