Pedoman Jurnal IUS

PANDUAN PENULISAN JURNAL IUS

 A. Informasi Umum

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, maka mulai akhir 2015, Jurnal IUS menerapkan sistem OJS (Open Journal System) sehingga seluruh proses penerbitannya dilakukan secara online sesuai standar OJS yang berlaku.

Namun demikian, juga tetap disediakan Jurnal IUS versi cetak dengan jumlah tiras terbatas.

B. Ketentuan Umum

  1. Tulisan berupa kajian seputar hukum.
  2. Naskah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris.
  3. Jurnal IUS terbit 3 (tiga kali) April, Agustus, Desember dalam tiap tahunnya
  4. Penulis dapat menyerahkan naskah secara online melalui http://jurnalius.ac.id/ojs/index.php/jurnalIUS/user/register.
  5. Penulis mengonfirmasikan submission secara manual melalui SMS atau telepon kepada Pengelola/Contact Person Jurnal IUS sebagaimana yang tertera pada http://jurnalius.ac.id/ojs/index.php/jurnalIUS/about/contact
  6. Apabila ada kendala dalam melakukan submission, ataupun ada pertanyaan seputar Jurnal IUS, Penulis dipersilakan untuk menyampaikannya kepada Pengelola Jurnal melalui Contact Person Jurnal IUS sebagaimana tertera pada laman nomor 5 di atas.

C. Ketentuan Khusus (penulisan)

NO BAGIAN KETERANGAN
1 Judul Berkaitan dengan kajian hukum atau sosial (Inggris, atau Indonesia). Judul tidak lebih dari 12 kata.
2 Penulis Nama (tanpa gelar dan jabatan), afiliasi, dan e-mail.
3 Abstrak Satu paragraf berisi maksimal 150-200 kata, ditulis dalam dua bahasa: Inggris dan Indonesia. Abstrak tujuan dan ruang lingkup, metode, ringkasan hasil, dan simpulan.
4 Kata Kunci 3-5 kata/frase dalam bahasa Indonesia.
5 Isi Naskah
  • Naskah merupakan tulisan ilmiah yang berupa artikel ilmiah hasil penelitian dan telaah.
  • Naskah merupakan originalitas karya sendiri (bukan plagiat) dan belum pernah dipublikasikan di media lain dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai.
  • Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia disertai abstrak dalam bahasa Inggris atau apabila naskah ditulis dengan bahasa Inggris maka abstrak dalam bahasa Indonesia.
  • Naskah ditulis dengan program MS Word, berbahasa Indonesia/Inggris dengan panjang 2.500-4.000 kata atau minimal 25 halaman dan 30 halaman dengan format kertas ukuran A4, huruf Time New Roman 12pt.
  • Adapun urutan penyajian dan sistematika penomoran sub bahasan ditulis sebagai berikut :
  • Artikel mahasiswa yang merupakan hasil penelitian dalam tesis akan dimuat dalam Jurnal elektronik IUS Masister Ilmu Hukum jika mempunyai rujukan minimal satu tulisan yang telah dimuat dalam jurnal elektronik IUS Magister Ilmu Hukum. Artikel atau tulisan-tulisan yang telah diterbitkan Jurnal elektronik IUS Magister Ilmu Hukum dapat dilihat dengan membuka website resmi kami http://jurnalius.ac.id, kemudian memilih bagian jurnal, setelah itu pengunjung dapat memilih tahun terbitan, topik, dan judul tulisan yang hendak akan dijadikan rujukan. Setelah terhubung dengan OJS (Open Jurnal System), maka untuk melihat tulisan yang diinginkan secara lengkap klik pdf dalam kolom FULL TEXT;
  • Adapun urutan penyajian dan sistematika penomoran sub bahasan ditulis sebagai berikut :

A.     PENDAHULUAN

Berisi masalah dan lingkup, status ilmiah dewasa ini, pendekatan penyelesaian masalah, hasil yang diharapkan.

B.   ISI (Hasil pembahasan disusun secara rinci)

1…….

2……..

a……

b……

1)…..

2)…..    dst.

C.     dst.

D.     KESIMPULAN

Berisi penjelasan singkat tentang esensi tulisan, kesesuaian/pertentangan dengan hasil tulisan lain, penalaran logis sesuai fakta, dan implikasi hasil teoretis/penerapan (maksimal 1,5 hlm).

Naskah yang dimuat adalah naskah yang mengikuti kaidah dalam pedoman penulisan dan dinyatakan layak berdasarkan sidang redaksi (penyunting pelaksana dan mitra bestari).

Keputusan sidang redaksi mengenai kelayakan sebuah naskah tidak dapat diganggu gugat.

6 Daftar Pustaka Daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan format penulisan sebagai berikut:

1) Dari buku:

Stuart Hampshire, Justice is Conflict: The Soul and The City, Princeton University Press, 2000.

Lyons, John. 2000. Linguistics. Oxford: Oxford University Press.

2) Dari jurnal:

Asikin, Zainal, Fastening Transfer Of Technology Through The Franchise Agreement, Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan, 2014, Vol. 2 No. 1

Putro, Widodo Dwi. “Conflict Between Law And Justice.” Jurnal IUS (Kajian Hukum dan Keadilan) 1.1 (2013).

3) Dari internet:

Asikin, Zainal., Mempercepat Alih Teknologi Melalui Perjanjian Waralaba, Vol. 2 No. 1 Edisi April 2014, http://jurnalius.ac.id/ojs/index.php/jurnalIUS/article/view/162, diakses tgl 1 Februari 2016

7 Keterangan Kutipan
  1. Setiap kutipan diberikan keterangan sumber kutipan dengan menggunakan model catatan kaki (footnote).

Contoh untuk kutipan buku:

Stuart Hampshire, Justice is Conflict: The Soul and The City, Princeton University Press, 2000, hlm. 12.

 Contoh untuk kutipan jurnal:

Paulson, Stanley L., The Neo-Kantian Dimension of Kelsen’s Pure Theory of Law, Oxford Journal of Legal Studies, 1992, Vol. 12, hlm. 23-35.

 Contoh untuk kutipan makalah:

Bernard Arief Sidharta, Paradigma Ilmu Hukum Indonesia dalam Perspektif Positivis, Makalah dipresentasikan dalam Simposium Nasional Ilmu Hukum tentang “Paradigma dalam Ilmu Hukum Indonesia”, di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang, tanggal 10 Februari 1998, hlm. 3.

 Contoh untuk kutipan elektronik:

Antonin Scalia, The Rule of Law as a Law of Rules, 56 U. Chi. L. Rev. 1175, 1175-81 (1989), diakses dari http://cyber.law.harvard.edu/bridge/Philosophy/rollor.txt.htm, tanggal 25 November 2010.